Peralatan Yang Wajib Untuk Anak Teknik Sipil

Hallo guys !
Buat kalian para maba atau mahasiswa baru admin ucapin Selamat ya karena udah masuk di perguruan tinggi yang kalian idam-idamin . Buat kalian yang gak lolos di PTN yang kalian incer jangan kecil hati guys Jangan nyerah masih ada tahun depan masih bisa ikut SBMPTN guys . Intinya jangan patah semangat ya guys !!! 😀😀
Pada kali ini admin mau bahas tentang "PERALATAN YANG WAJIB UNTUK ANAK TEKNIK SIPIL" . Buat kalian para maba khususnya jurusan TEKNIK SIPIL pasti banyak yang bertanya-tanya "Peralatan Apa Saja Yang Dibutuhkan dan Wajib Untuk Anak Teknik Sipil?"

Yang harus disiapkan hanya perlatan yang menunjang kegiatan perkuliahan pada umumnya, misalnya:

1.Kalkulator.
Ini harus punya dan usahakan jangan minjam. Kalkulator itu sudah seperti handphone, udah jadi barang milik pribadi. Tapi, jaman sekarang kan hampir semua smartphone udah punya aplikasi kalkulator. Usahakan aplikasinya pake Scientific Calculator. Kalo admin sendiri paling suka pake RealCalc Scientific Calculator, karena tampilannya bener-bener mirip kalkulator saintifik beneran. Fullscreen pula!
  • image
    Tapi, sebaiknya dan sangat-sangat disarankan untuk punya kalkulator beneran juga, bukan yang aplikasi.. dan kalo bisa dijaga sampai akhir hayat. Serius. Open-mouthed smile

     2.Peralatan gambar manual.
     Sebenarnya ini ngga wajib, tapi sebagian mahasiswa teknik memang punya passion untuk menggambar secara manual, lebih ada “rasanya” katanya. Nah, kalo memang punya minat buat corat coret secara manual, ngga perlu cari yang mahal-mahal. Kalo suka sketching pake pensil, pakelah pensil minimal 2B sampai 4B. Pensil mekanik lebih baik karena ngga perlu repot-repot diserut, ada yang suka ukuran 0.5 (diameter 0.5mm) ada yang 0.7. Kalo admin pribadi lebih suka yang 0.7. Trus, kalo suka pake drawing pen, paling ngga pake yang tebal 0.1 sama 0.3 atau 0.4. Gunanya apa? Salah satu seni gambar teknik adalah adanya perbedaan tebal tipis garis, dan itu punya arti yang beda. Seru kan?
  • image
    Rapido

    Rapidograp atau rapido adalah senjata yang tidak akan pernah ketinggalan berada di tas mahasiswa Teknik Arsitektur. Hampir seluruh kegiatan perkuliahan mereka akan berhubungan dengan gambar.Rapido sangat membantu untuk menentukan ketebalan garis yang dibuat.

    "Pokoknya gak boleh ketinggalan bawa rapido deh, apalagi pas semester-semester awal yang kuliahnya hampir 80% gambar, kalau nggak bawa rapido nggak bisa ngikutin kelas dengan baik," cerita Fathur (20), mahasiswa Teknik Arsitektur, Universitas Gadjah Mada. 
  • 3.Busur

    Busur adalah salah satu benda yang tak pernah luput dimiliki mahasiswa teknik. Pembuatan busur konon terinspirasi dari busur panah yang kerap digunakan oleh masyarakat kuno. Busur punya fungsi yang akurat dalam menentukan sudut kemiringan, sehingga keberadaannya sangatlah penting.

    "Sebisa mungkin sih nggak lupa bawa busur, soalnya bingung kalau tiba-tiba harus nentuin sudut yang nggak bisa ditebak gitu aja," cerita Dita, mahasiswa Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada.
  • 4. Jangka

    Jika busur membantu menentukan sudut kemiringan maka jangka tidak kalah pentingnya bagi mahasiswa teknik. Dikto (21) mahasiswa Teknik Mesin, Universitas Gadjah Mada mengatakan,  "Paling nggak bisa kalau tiba-tiba disuruh gambar lingkaran sempurna dengan baik, jadi butuh banget bawa jangka."

  • 5.Komputer 
  • Hasil gambar untuk laptop
  •  Bagusan mana, laptop/notebook atau desktop? Tergantung kebutuhan. Salah satu kelebihan laptop adalah bisa dibawa ke mana-mana. Untuk mahasiswa, paling baik memang pakai laptop karena sifatnya yang mobile itu. Tapi, biasanya dengan budget yang terbatas, kita bisa dapat desktop yang spesifikasinya lebih baik daripada laptop. Yaaa… tentu ngga masalah, karena sebenarnya untuk mahasiswa ngga perlu spesifikasi komputer yang tinggi. Nanti kita bahas di bagian kedua. 
  • 6.Tabung gambar

    Benda terakhir ini adalah tabung gambar yang pastinya sangat akrab dengan mahasiswa teknik baik itu teknik arsitektur, teknik sipil, teknik elektro ataupun teknik mesin. "Kalau kita yang anak teknik mesti pada punya tabung gambar, soalnya sudah jadi kebutuhan kalau mau bawa gambar ke mana-mana supaya tetap rapi ya pilihannya pakai tabung gambar," tandas Alfi (20), mahasiswa Teknik Mesin, Universitas Islam Indonesia.
  • 7. TextBook
    Hasil gambar untuk textbook pengertiannya
    Buku teks pelajaran adalah buku teks wajib yang digunakan  yang berisikan materi pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.Oleh karena itulah, buku teks pelajaran merupakan proses untuk melakukan penilaian yang objektif untuk menjamin mutu isi, metode palajaran, bahas dan grafiknya.
     

Sekian dari mimin . Semoga Bermanfaat ya Guys !!!!😀😀😀😀

Komentar

Postingan Populer